selangkah lebih maju

Jika kamu tidak mengejar apa yang kamu inginkan, maka kamu tidak akan pernah memilikinya. Jika kamu tidak bertanya, maka jawabanya adalah tidak. Jika kamu tidak mengambil langkah maju, maka kamu akan berada di tempat yang sama
Get Gifs at CodemySpace.com

Wednesday, October 1, 2014

MAKALAH UTAMA SISTEM INFORMASI STRATEJIK

| |


Pendahuluan      
Pada bab sebelumnya telah dibahas tentang macam-macam strategi bisnis. Beberapa cara dapat digunakan untuk mengimplementasikan strategi-strategi yang sudah dipilih.
Bab ini membahas bagaimana system teknologi informasi dapat digunakan sebagai senjata strategic, yaitu dapat digunakan untuk menerapkan atau mengimplementasikan strategi yang sudah dipilih.
Strategi kepemimpinan biaya
Suatu system informasi dikatakan mendukung strategi kepemimpinan biaya (cost leadership strategy) jika dapat mencapai posisi sebagai produser dengan biaya terendah tanpa mengurangi kualitas yang ada di dalam industri. Perusahaan yang melakukan strategi ini misalnya adalah sebagai berikut.
a.    J. B. Hunt of Lowell perusahaan angkutan truk dari Arkanas, menggunakan computer yang dihubungkan ke pasar komoditi bahan bakar untuk memonitor setiap saat harga dari bahan bakar dan membeli pada saat harga terendah, karena biaya bahan bakar mewakili 18-35% dari total seluruh biaya.
b.    Roadway Express juga perusahaan angkutan truk yang mempunyai pompa bahan bakar tersendiri secara nasional. Dengan menggunakan computer, perusahaan membandingkan harga-harga bahan bakar yang ditawarkan oleh pemasok dan membeli bahan bakar yang terendah.
c.    7-Eleven merupakan perusahaan jaringan ritel di Amerika Serikat berkantor pusat di Huston, Texas. 7-Eleven Jepang merupakan franchise di Jepang oleh perusahaan Ito-Yokado. 7-Eleven Jepang pada tahun 1992 mendapatkan laba 40% sebesar  $680 juta dari penjualan $1,44 milyar. Laba seperti ini merupakan laba yang luar biasa walaupun juga di Jepang. 7-Eleven menggunakan system teknologi informasi senilai $200 juta. Tujuan  tama dari system teknologi informasi ini adalah untuk menemukan keinginan pelanggan an menentukan produk yang harus disediakan di took. Karena tanah sangat mahal di Jepang, ruang took juga sangat mahal. 7-Eleven juga menghubungkan system sediaannya secara elektronik dengan pemasok-pemasok untuk menerapkan pendekatan just-in-time, sehingga mendapatkan penghematan biaya yang sangat signifikan.
d.    Caterpillar Company (CAT) merupakan perusahaan alat berat yang berada di Peorian Illinos. Perusahaan ini menghadapi persaingan berat dari perusahaan alat berat di Jepang yaitu Komatsu yang menawarkan bulldozer kepada Amerika Serikat dengan harga 40% lebih murah, sehingga pada tahun 1985 CAT kalah bersaing dan mengalami kerugian. Kemudian CAT memutuskan untuk memasang system teknologi informasi senilai $2 milyar dengan media satelit, sehingga menghasilkan pengurangan biaya sediaan dalam proses, waktu pemesanan. Dan CAT kembali menguasai persaingan sebesar 30%.

Strategi Diferensiasi
Suatu system informasi dikatakan mendukung strategi berbeda atau strategi diferensiasi (differentiation strategy) j ika dapat menyediakan produk atau jasa yang berbeda atau unik dengan nilai yang lebih besar kepada pelanggan dibandingkan dengan pesaing-pesaingnya. Strategi dapat dilakukan oleh perusahaan dengan mengidentifikasi dimensi-dimensi mana yang paling penting menurut pelanggan-pelanggan kemudian mencari cara untuk menambah nilai yang berbeda dibandingkan dengan yang dimiliki oleh pesaing-pesaingnya.
Strategi berbeda ini dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
1.    Menggunakan teknologi informasi untuk membuat produk atau jasa yang berbeda,
2.    Menggunakan teknologi informasi untuk mengurangi keuntungan diferensi dari pesaing.
Perusahaan yang melakukan strategi ini misalnya Digital Equipment Corporation (DEC). DEC menggunakan system pakar dengan nama X-Con untuk mengkonfigurasi system computer yang dipesan oleh pembeli. Dengan system ini DEC dapat menawarkan computer tetapi dengan spesifikasi konfigurasi yang berbeda sesuai dengan keinginan konsumen. Akan tetapi X-Con sekarang sudah ditinggalkan oleh DEC karena perkembangan konfigurasi yang sangat cepat dari industry computer yang mengakibatkan kombinasi konfigurasi computer menjadi banyak sekali.
Strategi Fokus
Suatu system informasi dikatakan mendukung strategi focus (focus strategy) jika dapat membantu perusahaan memfokuskan pada produk atau jasa khusus disuatu niche khusus dipasar. Strategi focus ini dapat dipisahkan menjadi dua focus, yaitu sebagai berikut ini.
1.    Focus biaya (cost focus) atau biaya rendah terfokus (focused low cost), yaitu perusahaan berusaha mendapatkan keunggulan biaya terendah disuatu segmen tertentu.
2.    Focus berbeda (differentiation focus) atau diferensiasi terfokus (focused differentiation), yaitu perusahaan mencoba membedakan produk-produk atau jasa-jasanya dibandingkan dengan produk-produk dan jasa-jasa pesaing di suatu segmen tertentu.
Ritz Carlton Hotel juga menerapkan strategi focus berbeda untuk melayani tamu-tamunya. Hotel ini menggunakan system teknologi informasi yang disebut “class” untuk mengidentifikasikan informasi tentang tamu-tamunya, termasuk pilihan merk anggur tertentu, Koran lokal asal tamu dan arah menghadap jendela. Preferensi dari tamu diperoleh saat check in dan dari lembaran komentar-komentar, saran-saran dan kritik yang disediakan didalam kamar. Misalnya preferensi tamu yang tersimpan di computer “class” adalah menyukai bunga mawar, maka hotel ini akan menyediakan bunga mawar sesuai dengan kesukaannya di dalam kamar tamu tersebut setiap menginap di hotel ini.

Strategi Inovasi
Suatu system teknologi informasi dikatakan menduduki strategi inovasi (innovation strategy) jika dapat menemukan cara khusus dalam berbisnis yaitu, dengan menyediakan produk atau jasa inovasi terbaru yang belum dilakukan oleh pesaing-pesaingnya. Strategi ini dapatr dilakukan dengan cara sebagai berikut :
1.    Membuat pasar baru dengan melibatkan system teknologi informasi, misalnya adalah merril lynch bekerja sama dengan bank one menghasilkan produk inovasi baru yang dikenal dengan nama cash management account (CMA),
2.    Membuat cara baru menjual produk dan jasa yang melibatkan system teknologi informasi, misalnya adalah McKesson Drug Corp., American Hospital Supply Company (AHSC), American Airline.
Contoh dari perusahaan yang menggunakan strategi inovasi adalah sebagai berikut ini.
a.    Merril Lynch dan Bank One melihat keinginan nasabah pasar modal dan nasabah pasar uang untuk mendapatkan suatu laporan terpadu mengenai dana mereka, berapa yang ada dipasar uang, berapa yang ada dipasar modal dan berapa yang sedang dalam perjalanan transfer. Mereka mengenal produk baru dengan nama Cash Management Account (CMA). Dengan mengikuti program ini, konsumen akan menjadi nasabah pasar modal dan pasar uang sekaligus dan akan mendapatkan laporan keuangan yang terpadu.
b.    McKesson Drug Company menggunakan system order secara elektronik yang disebut dengan economost yang digunakan mulai tahun 1975. Konsumen dari McKesson adalah apotik-apotik dan toko-toko obat yang memesan lewat telpon, fax atau on line. Order ini kemudian diteruskan ke computer mainframe IBM 3090. Keuntungan yang diperoleh oleh dua buah pihak, yaitu McKesson dan juga konsumen. Keuntungan yang diperoleh McKesson adalah system order yang cepat dan dapat diandalkan, pengurangan tenaga penerima order dari 700 orang menjadi 15 orang, peningkatan produktivitas personel digudang sampai dengan 17%, pelanggan menjadi loyal karena dikunci dengan keuntungan-keuntungan atau pelanggan akan terbebani switching costs jika mereka pindah membeli dari distributor lainnya.keuntungan dari pelanggan adalah penghematan biaya waktu, biaya akurasi, biaya kenyamanan dan biaya pulsa yang lebih murah.

Strategi Aliansi
Strategi system teknologi informasi dikatakan mendukung strategi aliansi (alliance strategy) jika dapat membuat hubungan kerja sama yang menguntungkan (information partnership) dengan pemasok, perusahaan lain dan bahkan dengan pesaing-pesaingnya. Strategi ini dapat dilakukan misalnya dengan car menggunakan system informasi antar organisasi, yaitu menghubungkan system-sistem informasi perusahaan-perusahaan yang beraliansi.
Perusahaan yang melakukan strategi ini misalnya adalah Merril Lynch bekerja sama dengan Bank One, WalMart bekerja sama dengan P&G, 7-Eleven Jepang bekerja sama dengan pemasok-pemasoknya dan lainnya.

Strategi Bertumbuh
Suatu system teknologi informasi dikatakan mendukung strategi bertumbuh (growth strategy) jika membantu mengembangkan dan mendiversifikasi pasar. Contoh perusahaan yang melakukan strategi ini misalnya adalah Citicorp yang menggunakan ATM pertama kali di kota New York untuk mendapatkan banyak nasabah baru.
Strategi kualitas
Suatu system informasi dikatakan mendukung strategi kualitas (quality strategy) jika dapat membantu meningkatkan kualitas dari produk dan jasa. Strategi ini dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
     Menggunakan robot, CAM atau CIM untuk meningkatkan kualitas produk,
     Menggunakan teknologi informasi untuk peningkatan berkelanjutan (continuous improvement)
Ringkasan dari beberapa perusahaan yang menggunakan system informasi strategic  adalah tampak di bawah tabel berikut ini.
Strategi
Perusahaan
Peranan Sistem Informasi Strategik
Cost Leadership
Levitz Furniture
Mengurangi biaya pembelian

Deere & Company
Mengurangi biaya produksi dengan mengontrol proses produksi

J. B Hunt of Lowell
Membeli bahan bakar termurah dari pasar komoditi

Roadway Express
Mempunyai pompa bensin tersendiri dan memilih pemasok termurah

7-Eleven Jepang
Menurunkan biaya ruang dan sediaan

Caterpillar
Dengan CIM memotong biaya sediaan dalam proses
Differentiation
Navistar
Menggunakan computer portable untuk analisis kebutuhan konsumen

DEC
Menggunakan system pakar mengkonfigurasi computer sesuai dengan kebutuhan konsumen yang berbeda

Progressive Insurance
Respon yang cepat terhadap klaim
Focus
Domino’s Pizza
Focus pada pengiriman pizza tepat waktu

Marriot International Hotel
Focus pada pelayanan check in yang cepat dengan menyediakan alat gesek kartu di kios

Ritz-Carlton Hotel
Focus pada pelayanan tamu yang eksklusif dengan menyediakan yang disukai oleh tamu hotel
Innovation
Merril Lynch dan Bank One
Menciptakan produk baru berupa cash management account

Federal Express
Menggunakan pelacakan keberadaan paket secara on line

American Hospital Supply Company
Memberikan terminal apotik-apotik untuk pemesanan obat

McKesson Corp.
Memberikan terminal apotik-apotik untuk pemesanan obat

AA’s SABRE
Memberikan terminal ke agen-agen perjalanan untuk pemesanan tiket
Growth
Citicorp
Menggunakan jaringan telekomunikasi global untuk mengembangkan pasar
Alliance
Wal-Mart dan P&G
Mengurangi biaya inventori Wal-Mart dengan menghubungkan ke P&G sebagai pemasok
                                                                                                                           
Strategi Internal dan Strategi Eksternal
Strategi-strategi kompetisi yang ada ini selanjutnya dapat dikelompokkan menjadi strategi internal dan strategi eksternal.

Strategi Internal
Strategi cost leadership merupakan strategi internal dan juga sekaligus strategi eksternal. Strategi ini dapat digunakan sebagai atrategi internal, yaitu dugunakan untuk memperbaiki prosese internal supaya mencapai biaya terendahdi dalam industry. Contoh perusahaan-perusahaan yang menetapkan strategi cost leadership secara internal adalah sebagai berikut ini.
1.    J. B Hunt of Lowell yaitu perusahaan angkutan truk dari Arkanas, menggunakan system teknologi informasi untuk melacak harga bahan bakar termurah di pasar komoditi.
2.    Roadway Express juga perusahaan angkutan truk, menghemat biaya bahan bakar karena mempunyai sendiri pompa bahan bakar.
3.    7-Eleven Jepang perusahaan jaringan ritel, menghemat biaya ruang dengan memperkecil ukuran ruang, tetapi keinginan konsumen tetap tersedia.
4.    Caterpillar Co, perusahaan alat berat, menggunakan EDI dan MRP untuk mengefisiensikan biaya sediaan.
5.    American Express (AmEx), perusahaan keuangan, melakukan telecommuting untuk mengurangi biaya ruangan dan meningkatkan produktivitas kerja.
Strategi diferensiasi (differentiation strategy) juga lebih berorientasi ke internal dengan membuat produk dan jasa yang berbeda. Contohnya adalah perusahaan computer DEC yang menjual computer personal yang konfigurasinya dapat diseseuaikan sesuai permintaan konsumen. Strategi ini merupakan strategi diferensiasi karena menjual produk yang berbeda dari pesaing utamanya, yaitu IBM. Perusahaan IBM menjual produk computer yang tidak dapat dirubah spesifikasinya oleh konsumen retail.
Strategi inovasi (innovation strategy) dapat berorientasi ke internal dan juga ke eksternal. Strategi ini merupakan strategi internal yang digunakan untuk mengembangkan produk-produk baru yang inovatif. Penerapan strategi ini secara internal terletak pada kegiatan penelitian dan pengembangan (research development).
Strategi kualitas (quality strategy) lebih berorientasi ke internal dengan meningkatkan kualitas dari produk dan jasa (misalnya adalah Caterpillar).
Strategi Eksternal
Strategi cost leadership lebih bersifat internal, tetapi juga dapat diterapkan secara eksternal. Contohnya adalah 7-Eleven Jepang yang menarik system informasinya ke pemasok supaya dapat menerapkan konsep just in time untuk meminimalkan biaya sediaannya.
Strategi focus (focus strategy) lebih berorientasi ke eksternal, misalnya Domino’s Pizza myang memfokuskan kepada penjualan pizza secara dikirim tepat waktu, yaitu dengan menghubungkan komputernya dengan kiomputer AT&T.
Strategi inovasi (innovation strategy) dapat juga berorientasi ke eksternal dengan mencoba menemukan cara khusus dalam berbisnis (misalnya adalah perusahaan Merril Lynch bekerja sama dengan Bank One, McKesson Drug Corp., American Hospital Supply Company (AHSC), American Airlines.
Strategi aliansi (Alliance Strategy) berorientasi ke eksternal karena menarik system teknologi informasi keluar organisasi untuk membuat hubungan kerja sama.yang menguntungkan (information partnership) dengan perusahaan lain (misalnya adalah Merril Lynch bekerja sama dengan Bank One, wal-Mart bekerja sama dengan P&G, 7-Eleven Jepang bekerja sama dengan pemasok-pemasoknya dan lainnya).
Strategi pertumbuhan (growth strategy) juga berorientasi ke eksternal dengan mencari dan mengembangkan pasar baru (misalnya adalah Citicorp yang menggunakan ATM pertama kali di kota New York untuk mendapatkan nasabah baru).



Perusahaan yang membutuhkan SIS
Tidak sama perusahaan menbutuhkan system informasi strategic. Hanya perusahaan-perusahaan di industri yang mempunyai intensitas informasi yang tinggi saja yang membutuhkan system informasi strategic.
McFarlan dan McKenney memperkenalkan suatu model yang disebut dengan McFarland and McKenney strategic grid sebagai berikut ini.
McFarlan dan McKenney menggunakan dua buah faktor, yaitu pengaruh strategik dari sistem-sistem teknologi informasi yang ada terhadap perusahaan dan pengaruh strategik sistem-sistem informasi teknologi besok (portofolio pengembangan aplikasi-aplikasi) terhadap perusahaan. Dari kombinasi dua buah faktor didapatkan 4 kotak (grid) atau kuadran yaitu kuadran 1 disebut dengan factory, kuadran 2 yang disebut strategic, kuadran 3 disebut dengan turnaround, sdan kuadran 4 disebut dengan support.
Kuadran 1 disebut dengan factory. Perusahaan-perusahaan yang masuk dikuadran ini sangat mengandalkan sistem-sistem teknologi informasi yang ada (pengaruh stategik terhadap sistem-sistem yang ada tinggi). Perusahaan-perusahaan ini membutuhkan sistem-sistem teknologi informasi  (STI) yang ada untuk mendukung operasinya yang kritis dan tepat waktu. Untuk perusahaan-perusahaan di kuadran ini, kegagalan operasi walaupun sesaat dapat mengganggu jalannya perusahaan, sehingga STI digunakan untuk mendukung operasinya.
Kuadran 2 disebut dengan strategic. Perusahaan-perusahaan yang ada di kuadran ini sangat menggantungkan sistem-sistem teknologi informasi baik sekarang atau dimasa mendatang untuk mendukung strateginya.
Kuadran 3disebut dengan turnaround. Perusahaan-perusahaan yang ada di kuadran ini belum menggantungkan sistem-sistem teknologi informasi untuk memenangkan persaingannya tetapi dimasa mendatang sistem-sistem informasi akan sangat dibutuhkan untuk kepentingan strateginya. Perusahaan-perusahaan di kuadran ini menganggap sistem-sistem teknologi informasi dimasa mendatang sebagai oportunitas yang harus dipertimbangkan untuk digunakan sebagai alat memenangkan persaingan.
Kuadran 4 disebut dengan support. Perusahaan perusahan ini yang berada dikuadran ini  tidak menggantungkan sistem sistem teknologi informasi baik sekarang  atau di masa mendatang untuk

0 komentar:

go-top

Post a Comment

bunga bunga

clock

calender

My Playlist

Kebahagiaan yang sempurna tercermin dari orang yang SEDERHANA tapi dapat memperlakukanmu dengan ISTIMEWA
Powered by Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

 
 

Sederhana tapi Istimewa | Diseñado por: Compartidísimo
Con imágenes de: Scrappingmar©

 
top