selangkah lebih maju

Jika kamu tidak mengejar apa yang kamu inginkan, maka kamu tidak akan pernah memilikinya. Jika kamu tidak bertanya, maka jawabanya adalah tidak. Jika kamu tidak mengambil langkah maju, maka kamu akan berada di tempat yang sama
Get Gifs at CodemySpace.com

Wednesday, November 19, 2014

CERPEN : kenangan terindah (yashandra)

| |


Tetesan air hujan menetes di malam ini. Hujan pertama setelah musim kemarau yang panjang. Shandra berdiri sendiri di depan rumah, menahan tetesan air hujan dengan tangan kanannya. Sambil melihat ke arah langit yang gelap tanpa bintang. Dengan senyum yang tertahan dan nafas yang panjang, Shandra mengenang masa lalunya, 2 tahun yang lalu. Saat dia bertemu dengan orang yang pernah mengisi hari-harinya dengan pelangi, yasha namanya. Dia sangat mengingat betul hari itu, hari selasa 23 November 2012. Bertemuan shandra dengan yasha pada saat dia sedang berlibur di Yogyakarta. Saat itu juga hujan lebat pada hari pertama setelah kemarau panjang. Shandra yang tidak membawa payung memutuskan untuk berteduh sejenak di dalam toko buku, dia pun mencari-cari komik kesukaannya ‘NARUTO’. Entah karena apa shandra sangat menyukai cerita tetang naruto, dia mengumpulkan semua koleksi video naruto, poster naruto, boneka naruto dan terlebih komik-komiknya. Di toko buku itulah shandra bertemu dengan yasha, yang juga menyukai naruto. Shandra mencari tempat duduk untuk membaca komiknya, dan saat itu tempat duduk yang kosong tepat di depan tempat duduk yasha.
“permisi, apa tempat ini kosong?” tanya shandra.
“iya tetntu,” jawab yasha.
“bolehkan saya duduk di sini?” tanya shandra.
“silakan” jawab yasha singkat.
“terima kasih.” Kata shandra, sambil melihat yasha dan komik yang sedang di pegangnya, shandra pun bertanya “maaf, apa kamu juga suka naruto? Itu komik yang vol. berapa?”.
Yasha pun melihat shandra dan melihat komik yang sedang di pegang shandra, dia pun menjawab dan bertanya “ iya, kamu juga suka naruto? Ini vol. 32”
“oh, itu ceritanya waktu naruto melawan pain akatsuki ya?” tanya shandra. “iya” jawab yasha, sambil panjang lebar mereka saling menceritakan kisah-kisah naruto yang pernah mereka baca, tonton dan mereka koleksi. Mereka juga saling bercerita tentang karakter yang mereka sukai dalam komik naruto tersebut.
“sudah redah hujannya, aku pulang dulunya. Lagian ini juga sudah malam.” Kata shandra
“iya, aku boleh minta nomer kamu nggak? Siapa tau kita bisa tukar-tukar koleksi kita” kata yasha.
“yups, tentu. Mana hp-mu” kata shandra sambil menyodorkan tangannya. Dan mereka pun salin bertukar nomer telepon.
Pembicaraan mereka pun berlanjut sampai keesokan harinya. Hari ini shandra harus kembali pulang ke Surabaya. Dan ternyata, yasha sendiri pun sebenarnya juga berasal dari Surabaya, dia di jogja juga berlibur di rumah kakeknya.
Perkenalan shandra dengan yasha semakin hari semakin dekat, mereka sering jalan bersama, nonton, dinner dan sebagainya. Mereka pun merasa saling nyaman satu dengan yang lain. Dan mereka akhirnya saling jatuh cinta. Tanpa butuh waktu yang lama, 1 bulan setelah perkenalan mereka, pada hari jum’at 23 Desember 2012 mereka jadian. Malam itu yasha menyatakan cintanya dengan romantis sekali. Dia datang ke rumah shandra, sambil membawa gitar layaknya pengamen, yasha pun menyanyikan sebuah lagu buat shandra yang berada di kamarnya. (Kamar shandra berada di lantai dua rumahnya).
“permisi, numpang nyanyi. Lagu ini buat kamu shandra. ” Kata yasha. Mendengar namanya, shandra pun keluar cendela dan yasha pun bernyanyi.
Awalnya ku tak mengerti apa yang sedang kurasakan
Segalanya berubah dan rasa rindu itu pun ada
Sejak kau hadir di setiap malam di tidurku
Aku tahu sesuatu sedang terjadi padaku

Sudah sekian lama kualami pedih putus cinta
Dan mulai terbiasa hidup sendiri tanpa asmara
Dan hadirmu membawa cinta sembuhkan lukaku
Kau berbeda dari yang ku kira

Coba-coba dengarkan apa yang ingin aku katakan
Yang selama ini sungguh telah lama terpendam
Aku tak percaya membuatku tak berdaya
Tuk ungkapkan apa yang ku rasa
Aku jatuh cinta kepada dirinya
Sunguh-sungguh cinta oh apa adanya
Tak pernah ku ragu namun tetap selalu menunggu
Sungguh aku jatuh cinta kepadanya
Sambil bernyanyi, di belakang yasha ada teman-temanya yang sedang bersembunyi. Mereka menerbangkan balon-balon satu per satu ke langit. Dan terakhir terbang puluhan balon. Pertama di bawah balon tersebut terdapat sebuah kain yang tertuliskan “I LOVE YOU, SHANDRA” kemudian di terbangkan lagi puluhan balon warna- warni yang bertuliskan “MAUKAH KAMU MENJADI KEKASIH SEJATIKU?” (tulisan itu berbentuk horizontal ke bawah). Shandra yang melihatnya benar-benar terharu, baru pertama kalinya dia merasa teristimewakan oleh seseorang yang sangat dia cintai. Shandra pun menangis melihatnya, orang tua shandra juga ikut bahagia melihat pengorbanan yasha. Belum cukup sampai di situ saja, di jalan depan rumah shandra juga terdapat ribuan lilin yang mengelilingi jutaan bunga mawar yang bertuliskan “ I     U SHANDRA” untuk membuat suasana terlihat lebih romantis, yasha telah berkerjasama dengan pegawai PLN untuk mematikan lampu di daerah rumah shandra. Jadi cahaya lilin-lilin tersebut menyinari malam yang gelap itu. Dan yasha pun menyampaikan perasaannya kepada shandra.
“mungkin ini terlalu sederhana bagimu, mungkin semua ini belum cukup membuktikan betapa besar cintaku padamu. Tapi aku akan berusaha agar bisa membuatmu bahagia, sampai akhir hayatku. Aku akan slalu menemanimu, sampai aku benar-benar tak bernafas. Aku cinta kamu shandra, aku ingin kamu bisa mengawasiku, memperhatikanku, menjagaku dan mendampingiku selama hidupku. Aku tak bisa janjikan apapun padamu, namun aku bisa buktikan nanti, bahwa aku akan membuat hidupmu lebih bahagia dari yang sebelumnya. Aku tak punya apa-apa, aku hanya punya cinta yang luar biasa untukkmu. Shandra, kau lebih dari istimewah buatku. Maukah kamu slalu bersamaku? Apapun yang terjadi?”
Shandra yang begitu terharu hanya bisa menjawab “ aku bahagia yasha, sangat sangat bahagia. Aku tak peduli dengan apa yang terjadi di masa depan. Yang aku tahu hanya kamulah yang bisa membuatku bahagia selama ini. Terimah kasih atas semua, kamu adalah yang terindah dari yang paling indah yang ada di dunia. Aku tak bisa janjikan apapun padamu, tapi aku hanya yakin, kamu bisa buat aku bahagia. Ya yasha, aku mau mendampingimu, mengawasimu, menjagamu dan mencintaimu seumur hidupku. Aku mau jadi kekasihmu.”
Dan malam itupun mereka resmi jadian.
6 bulan mereka lewati dengan sejuta kebahagiaan. Mereka saling berkomitmen untuk saling percaya satu sama lain. Yang membuat mereka bahagia dengan kesederhanaan yang mereka punya. Tapi sebuah hubungan tidak akan dinyatakan sempurnah jika tidak pernah mengalami cobaan dalam berhubungan. Cobaan yang dihadapi mereka cukup besar. Yasha yang akhir-akhir ini sering sakit-sakitan membuat shandra kuwatir. Shandra ingin yasha memeriksakan penyakitnya, namun yasha tak mau melakukannya. Ia merasa bahwa dirinya baik-baik saja. Dia merasa tak ada yang aneh pada dirinya. Padahal sebenarnya yasha sedang menyembunyikan penyakitnya dari shandra. Yasha menderita penyakit yang cukup parah, kanker otak stadium akhir. Dokter tlah memprediksikan bahwa umur yasha tak bisa lebih dari 5 bulan. Tapi yasha tak peduli dengan apa yang dikatakan dokter, dia percaya bahwa hidup mati seseorang hanya Tuhan yang menentukan. Dia selalu menahan rasa sakitnya di depan shandra. Agar shandra tak kuwatir terhadapnya.
3bulan berlalu. Semakin parah saja penyakit yang di derita. Pada malam itu, mereka dinner untuk merasakan 9 bulan anniversery mereka. Di tengah-tengah dinner mereka, tiba-tiba yasha merasa pusing, dan kepalanya terasa berat. Shandra yang melihat yasha merasa kesakitan, dia pun bertanya.
“apa kamu baik-baik saja sayang?”. Yasha hanya tersenyum dan mengangguk. Tiba-tiba hidup yasha berdarah. “ sayang, hidungmu kok berdarah? Apa kamu benar-benar baik-baik saja”. Tanya shandra lagi.
“tentu, jangan kuwatir. Ini gak pa-pa kok. J “ sambil tersenyum “aku ke toilet dulu ya sayang” kata yasha. Shandra pun mengangguk. Dalam perjalanan menuju toilet, tiba-tiba yasha pingsan. Shandra yang panik, bangun dari tempat duduknya dan membawah yasha ke rumah sakit.
Pada saat itulah shandra mengetahui penyakit yang di derita yasha. Shandra kecewa, kenap yasha tak pernah bercerita tentang penyakitnya. Dan diapun menangis. Dia juga tahu bahwa umur yasha tinggal 2 bulan. Shandra marah, ya dia  marah pada yasha.
“kenapa gak pernah bilang? Tak seharusnya kau tanggung beban ini sendiri. Apalah artinya diriku, jika masalah sebesar ini aku tak berhak tahu.” Kata shandra sambil menangis
“maaf sayang, aku hanya tak ingin kamu kuwatir. Tapi kamu tenang saja, aku pasti baik-baik saja. Aku mampu bertahan sampai kita tua, percayalah”. Kata yasha menyakinkan shandra sambil menghapus air mata shandra.
“bagaimana mungkin? Kata dokter...” shandra tertahan
“hidup matiku hanya Tuhan yang tahu, percayalah pada mudzijatnya” kata yasha menyakinkan.
“tak bisakah kau bertahan, setidaknya sampai anniversery kita yang ke 1 tahun?”tanya shandra ragu.
“aku akan bertahan semampuku buatmu. Aku berjanji.” Jawab uasha
2bulan mereka lewati dengan suka cita. Shandra slalu merawat yasha dengan penuh kasih sayang. Hingga akhirnya yasha berada pada titik batasnya. Penyakit yasha kian parah, yang membuatnya harus di rawat inap di rumah sakit. Shandra slalu menemani yasha setiap waktu. Yasha pun terbangun dari pingsannya. Dan di lihat sebelahnya ada shandra yang menemaninya, dia terlihat sangat lelah.
“sayang, kamu pulang saja. Aku baik-baik saja. Percayalah.”
“tidak sayang, kalau aku pergi, siapa yang menjagamu?” tanya shandra.
“aku kan sudah bilang, aku baik-baik saja. Kamu dengarkan, kata dokter hidupku tak bisa lebih dari 2 bulan. Buktinya? Aku masih bertahan kan sampai saat ini. Percayalah aku baik-baik saja” kata yasha menjelaskan agar shandra tak terlalu kuwatir padanya. Shandra hanya diam. Di lihatnya kalender di sampingnya. Lalu dia tersenyum.
“ingat gak kamu sayang, sekarang tanggal berapa?” tanya shandra. Yasha terdiam dan berfikir.
“23 november?” jawab yasha. “bukankah tanggal itu pertama kali kita bertemu?”tanya yasha.
“iya, di yogyakarta.” Jawab shandra senyum
“iya kamu benar, karena naruto.” Yasha juga tersenyum “sayang, aku ingin ke jogja, bisakah kita kesana? Bisakah kau membawaku ke sana?” minta yasha
“bagaimana mungkin sayang? Kamu kan sakit. Kamu harus di rawat di sini.” Kata shandra shock
“tapi aku ingin ke jogja, please sayang” sambil memohon. Shandra pun mengangguk.
Dia berusaha membujuk dokter agar yasha bisa di rawat di rumah sakit di jogja. Dan dokter menyetujuinya.
1bulan terakhhir mereka lewati di jogja bersama. Dan malam ini anniversary mereka yang 1 tahun. Yasha mengajak shandra untuk duduk-duduk di taman. Sambil membawa gitar kesayanganya.
“sayang, happy anniversary” kata yasha sambil mengecup kening shandra.
“happy anniversary too sayang” kata shandra sambil menecup tangan yasha.
“sayang, 1 tahun lalu aku yang bernyanyi. Bisakah saat ini kau bernyanyi untukku?” pinta yasha
“nyanyi? Lagu apa sayang aku tak bisa bernyanyi.” Kata shandra.
“bernyanyilah apa yang kamu bisa sayang, yang tersimpan dalam hatimu” kata yasha.
“baiklah.” Kata shandra. Sambil memengang gitar, dan memainkannya shandra pun bernyanyi
bersamamu kulewati... lebih dari seribu malam
bersamamu yang kumau... namun kenyataannya tak sejalan

tuhan bila masih ku diberi kesempatan
ijinkan aku untuk mencintanya
namun bila waktuku telah habis dengannya
biar cinta hidup sekali ini saja

tak sanggup bila harus jujur
hidup tanpa hembusan nafasnya

tuhan bila waktu dapat kuputar kembali
sekali lagi untuk mencintanya
namun bila waktuku telah habis dengannya
biarkan cinta ini, biarkan cinta ini
hidup untuk sekali ini saja

ditengah nyanyinya shandra. Yasha berkata dalam hatinya ‘makasih sayang, untuk satu tahun yang berharga ini. Kamu memang yang sempurna buatku. Aku bahagia telah mencintaimu. I LOVE YOU forever shandra.’ Dan yashapun menghembuskan nafas terakhirnya. Di pundak shandra, dia tertidur pulas untuk slama-lamanya.
Shandra yang selesai menyanyi, menyadari bahwa yasha sudah meninggalkan dia untu slama-lamanya pun tak dapat menahan air matanya. ‘terima kasih sayang, untuk 1 tahun ini. Aku benar-benar bahagia sampai akhir hayatmu. Kenangan ini akan slalu ku kenang. Kau tlah menepati janjimu. I LOVE YOU too yasha.’ Kata shandra dalam hati.
Ke esokan harinya jasat yasha dikuburkan berdampingan dengan kedua orang tuanya, di jogja. Tapi dia tlah menitipkan surat buat shandra.
“dear shandra.
Hay sayang, mungkin saat ini aku tak lagi bersamamu. Tapi percayalah, cintaku akan slalu menjagamu. Jangan terlarut dalam kesedihan ya, kamu mungkin tak bisa melupakanku. Tapi jangan kau tutup hatimu buat orang lain. Yakinlah, suatu saat pasti ada seseorang yang mencintaimu lebih dariku, walau dia tak bisa seistimewa aku. aku akan menjadi bintang di setiap kebahagiaanmu dan menjadi huja di setiap sedihmu. Slalu tersenyum hadapi hidup ini. Lepaskan semua bebanmu. Aku akan slalu baik baik saja untukmu. 1 hal yang perlu kamu tahu. Kau adalah anugrah terindah yang pernah ku miliki. I LOVE YOU SHANDRA, I LOVE YOU SO MUCH AND FOREVER.
Salam rindu, yasha.
Membaca surat dari yasha, shandra pun tersenyum dan percaya, yasha slalu dihatinya walau tak lagi ada di sampingnya. Dia akan tetap menjalankan hidupnya demi yasha. Shandra yakin dia akan dipertemukan lagi dengan yasha nanti, di akhirat.

THE END

0 komentar:

go-top

Post a Comment

bunga bunga

clock

calender

My Playlist

Kebahagiaan yang sempurna tercermin dari orang yang SEDERHANA tapi dapat memperlakukanmu dengan ISTIMEWA
Powered by Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

 
 

Sederhana tapi Istimewa | Diseñado por: Compartidísimo
Con imágenes de: Scrappingmar©

 
top